Sabtu, 17 Februari 2018

Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik

Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik - Selamat datang di situs Desain Taman, pada artikel yang sedang anda baca ini dengan judul Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik, disini saya mencoba untuk membuat ulasan mengenai berbagai tanaman hias maupun desain taman yang cantik untuk diaplikasikan dirumah kita. Semoga apa yang kami bahas di Artikel Desain taman, Artikel tanaman hias, bisa menambah referensi anda tentang berbagai ide tanaman maupun desain taman dirumah. Ok, selamat membaca dan jangan lupa untuk share ke sosial media anda juga.

Judul Artikel: Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik
Link Tautan: Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik

Baca juga


Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik

Teknik Budidaya Aglaonema Dalam Pot– Teknik budidaya aglaonema terbagi menjadi 2, yaitu melalui vegetativ dan generatif. Teknik budidaya aglaonema secara vegetativ atau tak kawin dilakukan dengan stek, cangkok dan pemisahan anakan. Sedangkan teknik budidaya aglaonema secara generatif atau kawin dapat dilakukan dengan menanam biji aglaonema. Secara singkat, langkah penanaman aglaonema dijelaskan dalam poin berikut :
Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik

Melalui penanaman biji
Untuk menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang berasal dari indukan yang cukup tua. Untuk mempercepat perkecambahan, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.

Stek
Penanaman tanaman hias aglaonema melalui stek dapat dilakukan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilihlah indukan yang memiliki batang kokoh dan memiliki setidaknya 5 daun tersisa setelah diambil pucuknya untuk menjaga indukan tetap hidup setelah dipotong pucuknya.
Potong pucuk indukan yang terpilih, setidaknya hingga 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan letakkan di tempat yang cukup teduh.
Kelemahan dari teknik budidaya aglaonema dengan stek pucuk ini adalah induk yang diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

Cangkok
Teknik budidaya aglaonema melalui cangkok gampang gapang susah, karena jika berhasil anda akan mendapatkan tanaman baru dengan cepat namun jika gagal, indukan yang dicangkok akan mengalami kebusukan batang.
Teknik budidaya aglaonema melalui cangkok diawali dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan adalah tanaman yang memiliki batang yang kokoh dan telah berwarna cokelat atau cokelat keabuabuan, daun batang dengan warna ini biasanya telah gugur atau jika belum daun akan gugur dengan mudah ketika tersenggol.
Jika telah menemukan batang yag pas, kelupas sedikit batang pohon hingga nampak bagian dalamnya yang putih dan liat.
Lapisi bagian ini dengan campuran tanah sekam, pasir malang, humus anda, dan pakis dengan rasio 1:5:2:2 dan bungkus menggunakan plastik.
Setelah terbungkus rapat, berilah lubang lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus ini 2 kali dalam sehari dan tanaman aglaonema baru akan siap dalam 3 hingga 4 minggu.

Pemisahan anakan
Teknik budidaya aglaonema dengan pemisahan anakan dapat dilakukan dengan memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Anakan yang dapat dipisahkan adalah anakan yang telah memiliki daun yang  mekar (sudah tak menggulung).
Namun sebelum memustuskan untuk memotong akar sambung, pastikan indukan memiliki  akar yang kuat. Akar yang kuat ditandai dengan warnanya yang putih dan gemuk.
Untuk mempercepat proses penunasan kembali setelah dilakukan pemisahan anakan, potong pucuk indukan hingga tersisa 1 daun saja. Cara ini akan sangat berguna untuk merangsang aglaonema membentuk tunas baru.
Agar kondisi tanaman indukan tetep terjaga, oleskan cairan antiseptik khusus tanaman pada bagian yang telah dipotong lalu padatkan daerah sekitar akar tanaman induk.


Selesai sudah artikel kami berjudul Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik

Kami berharap bahwa artikel Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik ini, mudah-mudahan bisa menjadi sumber berbagi ide dan kreatifitas seputar tanaman hias maupun desain taman yang cocok untuk hunian kita. Akhir kata terima kasih atas kunjungannya ke situs kami, Sampai ketemu diartikel selanjutnya, Semoga Bermanfaat

Anda saat ini sedang membuka artikel Desain Taman TEKNIK BUDIDAYA DAN MENANAM AGLAONEMA DALAM POT Tanaman Hias Cantik dengan alamat link http://designtamanku.blogspot.com/2018/02/desain-taman-teknik-budidaya-dan.html
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar