Selasa, 20 Februari 2018

Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik

Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik - Selamat datang di situs Desain Taman, pada artikel yang sedang anda baca ini dengan judul Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik, disini saya mencoba untuk membuat ulasan mengenai berbagai tanaman hias maupun desain taman yang cantik untuk diaplikasikan dirumah kita. Semoga apa yang kami bahas di Artikel Desain taman, Artikel tanaman hias, bisa menambah referensi anda tentang berbagai ide tanaman maupun desain taman dirumah. Ok, selamat membaca dan jangan lupa untuk share ke sosial media anda juga.

Judul Artikel: Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik
Link Tautan: Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik

Baca juga


Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik

Masih dengan tanaman hias bunga yang sedang kami bahas dalam beberapa postingan terbaru ini. Namun kali ini kami akan membahas salah satu tanaman hias yang juga memiliki beberapa manfaat lain dibidang kesehatan dan kecantikan. Tanaman hias bunga tasbih, sudah kenal dengan naman tanaman ini?

Tanaman yang berasal dari daerah tropis daratan Amerika ini memiliki bunga yang indah dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga tasbih memiliki nama latin Canna lily yang biasanya tumbuh subur dan menyebar di daerah pegunungan dan hutan. Namun tanaman ini juga mampu tumbuh di dataran rendah hingga 1.000 m di atas permukaan air laut. Oleh karena itu tak jarang juga tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah pekarangan rumah.

Ciri – ciri tanaman hias bunga tasbih

Bunga tasbih atau bunga kana ini yang spesifik dibanding dengan tanaman hias bunga lainnya. Ia tumbuh tegak menjulang dan besar dan dapat memiliki tinggi hingga 2 meter. Ciri pada batangnya berbentuk rimpang yang tebal mirip ubi yang menjalar pada permukaan tanah dan dapat menghasilkan akar dan tunas baru. Sedang pada daunnya memiliki ukuran yang lebar dan besar, dan berbentuk menyirip secara jelas. Daunnya berwarna hijau atau merah tengguli. Yang terpenting sebagai tanaman hias adalah bunganya yang memiliki warna cerah seperti merah muda, kuning dan merah. Tak hanya warnanya, ukuran bunga yang besar pun menambah bunga kana lili ini mampu membuat taman anda akan terasa seperti di pegunungan.

Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik

Cara Membudidayakan Tanaman Hias Bunga Tasbih

Karena sebagai tanaman yang memiliki akar rizoma mereka hidup secara bergerombol. Untuk membudidayakannya dalam wadah tertentu kita tinggal cabut dari bonggolnya lalu tempatkan pada media tanam yang baru. Akan tetapi pada umumnya kita tempatkan dulu pada wadah atau ember berisi air dalam kurun waktu dua sampai tiga hari. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan akarnya lagi setelah dicabut dari bonggolnya. Baru setelah itu bisa kita tanam dalam pot satu persatu.

Habitat tanaman ini di hutan atau pegunungan tropis, karena itu tanaman hias bunga tasbih ini menyukai lingkungan yang kaya akan sinar matahari. Selain itu kondisi tanahnya juga harus lembab dan dapat menyimpan cukup banyak air. Tanaman ini tidak menyukai hawa dingin sama sekali, karena itu di Indonesia cocok sekali dengan iklim tropis. Cukup mudah bukan perawatan dan budidayanya? Harap diingat juga akan hama yang menyerang tanaman ini seperti siput yang suka memakan daunnya.

Manfaat tanaman hias bunga tasbih untuk kesehatan

    Mengobati keseleo; Keseleo yang sering terjadi ketika beraktivita berat seperti olah raga atau angkat beban dapat disembuhkan dengan ramuan dari tanaman hias ini. Memarkan rimpang atau rizoma bunga tasbih ini dengan dicampur tepung terigu dan arak putih, lalu balurkan pada bagian yang keseleo tersebut.
      Mengobati wasir atau ambein; Wasir merupakan penyakit saluran pembuangan yang sering dialami oleh banyak orang, terutama orang kantoran yang selalu duduk sepanjang hari. Penyakit wasir terjadi akibat pembuluh darah pada bagian saluran pembuangan tersebut mengalami tekanan yang terus menerus sehingga terjadi peradangan. Namun rizoma atau ubi dari tanaman tasbih ini dapat dijadikan solusi mengatasinya. Caranya adalah gunakan 60 gram ubi bunga tasbih dan iris tipis – tipis. Lalu rebus dengan air 3 gelas air sampai mendidih dan agak berkurang airnya. Dinginkan dan saring lalu bisa diminum langsung. Dosisnya cukup 2 kali dalam sehari ya.
        Mengobati jerawat; Salah satu penyakit kulit ini memang sering menimpa kita khususnya pada usia remaja. Namun tak jarang orang yang sudah dewasa pun masih sering berjerawat. Masalah penyakit kulit ini biasanya dari kebersihan dan pola makan. Karena jerawat timbul dari pori-pori yang berlebihan akan minyak dan tersumbat akibat kotor karena debu. Karena itu rajinlah membersihkan wajah sehabis dari luar ruangan dan jaga pola makan ya. Itu adalah cara mudah agar terhindar dari jerawat walaupun masih ada banyak lagi penyebabnya. Namun akar rizoma bunga tasbih atau bunga kana ini mampu menghilangkan jerawat. Tumbuh hingga halus lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.
          Mengatasi pembekakan kelenjar limpa; Pembekakan pada limpa dapat pula diobati dengan ramuan akar bunga tasbih. Manfaat tanaman hias bunga tasbih ini cukup efektif dalam memulihkan pembekakan kelenjar limpa. Caranya dengan merebus beberapa batang ( 60 gram rizoma ) yang telah diiris tipis dan saring setelah dingin lalu diminum.

          Masih banyak lagi beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunkan tanaman hias bunga tasbih ini, seperti :
          1. Penyakit kuning
          2. Keputihan
          3. Tekanan darah tinggi
          4. Kencing batu
          5. Kanker kandungan
          6. Batuk darah
          7. Vertigo
          8. Haid yang berlebihan
          Demikian sedikit ulasan mengenai tanaman hias bunga tasbih selain memiliki bunga yang indah untuk mempercantik taman, juga memiliki banyak manfaat pula dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Tidak ada salahnya anda membudidayakan tanaman hias ini karena disamping rumah anda terlihat indah juga dapat dimanfaatkan jikalau ada penyakit yang diderita seperti yang telah disebut di atas.


          Selesai sudah artikel kami berjudul Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik

          Kami berharap bahwa artikel Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik ini, mudah-mudahan bisa menjadi sumber berbagi ide dan kreatifitas seputar tanaman hias maupun desain taman yang cocok untuk hunian kita. Akhir kata terima kasih atas kunjungannya ke situs kami, Sampai ketemu diartikel selanjutnya, Semoga Bermanfaat

          Anda saat ini sedang membuka artikel Desain Taman MANFAAT TANAMAN HIAS BUNGA TASBIH Tanaman Hias Cantik dengan alamat link http://designtamanku.blogspot.com/2018/02/desain-taman-manfaat-tanaman-hias-bunga.html
          Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar