Rabu, 14 Februari 2018

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik - Selamat datang di situs Desain Taman, pada artikel yang sedang anda baca ini dengan judul Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik, disini saya mencoba untuk membuat ulasan mengenai berbagai tanaman hias maupun desain taman yang cantik untuk diaplikasikan dirumah kita. Semoga apa yang kami bahas di Artikel Desain taman, Artikel tanaman hias, bisa menambah referensi anda tentang berbagai ide tanaman maupun desain taman dirumah. Ok, selamat membaca dan jangan lupa untuk share ke sosial media anda juga.

Judul Artikel: Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik
Link Tautan: Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik

Baca juga


Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik

Kembang sepatu atau bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) merupakan salah satu tanaman hias jenis semak dan termasuk dalam suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur.
Selain itu, bunga ini juga banyak kita temukan diberbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis maupun subtropis.

Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang besar, memiliki beberapa varian warna (di Indonesia banyak kita temukan yang berwarna merah) dan tidak memiliki bau. Bunga dari berbagai kultivar (ciri atau kekhasan) dan hibrida (persilangan) bisa menghasilkan berbagai varian bunga, yang berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang  memiliki warna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Di Sumatera dan Malaysia, Bunga kembang sepatu biasa disebut dengan bunga raya. Sedangkan Orang Jawa biasa menyebutnya sebagai kembang worawari.
Bunga ini merupakan bunga kebanggaan Negara Malaysia karena telah ditetapkan sebagai bunga nasional di Negara tersebut pada tanggal 28 Juli 1960.

Jenis dan macam-macam bunga sepatu di seluruh Dunia

 

1. Hibiscus abelmoschus L

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Merupakan jenis bunga sepatu yang berasal dari India. Karakteristik dari bunga ini adalah memiliki biji yang manis, berwarna kuning, memiliki aroma yang mirip musk atau bahan dasar pembuatan parfum.
Selain itu, biji dari bunga ini biasanya dijadikan campuran dalam pembuatan kopi sedangkan tunas mudanya bisa dijadikan sebagai sayuran.

2. Talipariti tiliaceum (Pohon waru)

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Talipariti tiliaceum atau pohon waru merupakan salah satu jenis dari bunga sepatu dan bisa dikatakan bahwa bunga sepatu jenis ini memiliki ukuran paling besar.
Di alam bebas pohon waru mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 4-10 meter dengan diameter berkisar antara 25-50 cm.
Bunganya dari Talipariti tiliaceum biasanya bewarna orange dengan bagian tengahnya berwarna merah pucat atau merah maron.
Yang unik dari bunga sepatu jenis ini adalah daunnya berbentuk “love” atau hati. Di Indonesia pohon ini biasa dipelihara untuk dimanfaatkan kayunya.

3. Hibiscus acetosella

 Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus acetosella merupakan jenis bunga sepatu yang diduga telah mengalami proses hibridisasi antara Hibiscus asper Hook.f. dan Hibiscus surattensis L.
Bunga jenis ini pertama kali diakui pada tahun 1896 oleh ahli botani Perancis sebagai tanaman yang berbeda sehingga diberikan nama tersendiri.
Tanaman ini pertama kali ditemukan di pedesaan Afrika, tepatnya di wilayah Kongo-Angola-Zambia selatan.
Tanaman ini kemudian dibawa ke Brazil dan Asia Tenggara, bahkan sekarang tanaman ini dianggap lebih populer di Brazil dibandingkan tempat pertama ditemukannya, Afrika.
Bunga sepatu jensi ini kini dibudidayakan secara intensif dan terawat di Brazil serta dijadikan sebagai sayuran semacam bayam.
Tanaman ini jika dilihat secara sekilas mirip sekali dengan pohon maple Jepang. Bunganya berwarna orange pucat dengan bagian tengahnya bewarna merah maroon.
Tanaman ini mamapu tumbuh mencapai panjang 170 cm dengan diameter batang bisa mencapai 10 cm.

4. Hibiscus arnottianus (Koki’o’Ula, bunga sepatu Hawaii)

 Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus arnottianus A.Gray atau yang biasa disebut Koki ‘o Ke’ oke ‘o oleh orang Hawaii,  “Koki’ o sendiri memiliki makna yang putih seperti bersinarnya perak”.
Koki’o ‘ula merupakan salah satu spesies bunga sepatu endemik Negara Hawaii. Tanaman ini memiliki bunga yang beerwarna putih bersih.
Selain itu ada tiga subspesies diakui serupa dengan Koki’ o ‘ula diantaranya adalah: H. arnottianus ssp arnottianus yang ditemukan di Waianae Rentang dari barat Oahu.
H. a ssp immaculatus yang sangat langka (terdaftar sebagai terancam punah) pada Molokai dan H. a. ssp. punaluuensis dari Ko ‘Rentang olau di Oahu.
H. a ssp immaculatus menurut letaratur saat ini hanya tersisa belasan saja yang tersebar di alam mesic dan hutan basah.
Bunga ini kadang-kadang ditanam sebagai tanaman hias atau disilangkan dengan H. rosa-sinensis. Dalam bahasa Hawaii, kembang sepatu putih dikenal sebagai aloalo pua.

5. Hibiscus rosa-sinensis

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik
Hibiscus rosa-sinensis merupakan salah satu jenis bunga Hibiscus yang biasa kita kenal dengan kembang sepatu, bunga sepatu Cina, kembang sepatu Hawaii, dll.
Bunga jensi ini merupakan spesies kembang sepatu yang hidup di kawasan tropis, tepatnya berasal dari Asia Timur.
Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 2-5 meter. Bunganya berwarna merah cerah dengan jumlah daun mahkota mencapai 5 helai di setiap bunganya.

6. Hibiscus brackenridgei

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus brackenridgei atau biasa dikenal dengan ma‘o hau hele oleh masyarakat Hawaii. Bunga ini merupakan tanaman semak endemik Hawaii yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 10 m dengan bunga kuning cerah.
Ada dua subspesies diakui serupa dengan Hibiscus brackenridgei yang diantaranya adalah: H. ssp brackenridgei, merupakan subspesies dari bunga sepatu jenis H. Brackenridgei yang berasal dari hutan kering misalnya di Molokai, Lanai, Maui, dan pulau Hawaii.
H. ssp. mokuleianus, merupakan tanaman yang berasal dari habitat kering di Kauai dan Range Waianae di Oahu. Spesies ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh USFWS.
Tanaman dengan bunga berwarna kuning ini dijadikan sebagai bunga resmi dari negara Hawaii sejak Juni 1988.
Meskipun terancam punah di habitat alamiahnya, namun bunga ini telah banyak tumbuh dan cukup populer di setiap halaman rumah di Hawaii.

7. Hibiscus calyphyllus (Lemonyellow Rosemallow)

 Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus calyphyllus merupakan salah satu tanaman bunga sepatu yang memiliki kemampuan tumbuh hingga mencapai ketinggian 1-1,8 meter (3-6 kaki) tinggi.
Tanaman ini memiliki bunga yang lebar dan berwarna kuning dengan kecoklatan sebagai warna pusatnya.
Bunga kuning ini berasal dari Afrika yang beriklim tropis.

8. Kenaff (Hibiscus cannabinus)

 Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik
Kenaf atau Hibiscus cannabinus adalah salah satu jenis bunga sepatu yang konon berasal dari selatan Asia.
Meskipun keaslian endemiknya belum bisa diketahui secara pasti. Tanaman ini biasa diambil kayu atau batangnya untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kertas kenaf.
Saat ini tanaman kenaf ini banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti India, Bangladesh, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Vietnam, Thailand, sebagian Afrika, dan untuk sebagian kecil di Eropa bagian Tenggara.

9. Hibiscus coccineus (Scarlet Rosemallow)

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus coccineus atau rosemallow merah adalah salah satu jenis kembang sepatu yang jika dilihat secara sekilas tanaman ini memiliki kemiripan dengan Cannabis sativa (ganja).
Selain itu, tanaman ini juga dikenal sebagai bunga bintang Texas, kembang sepatu brilian, dan kembang sepatu merah.
Tanaman ini mudah sekali kita temukan di rawa-rawa, parit di dataran pesisir Tenggara Amerika Serikat.
Hibiscus coccineus adalah tanaman asli dari Southeastern Virginia bagian Utara dari Florida.
Meskipun nama umumnya “Texas Star Hibiscus” bukan berarti tanaman iniberasal dari Texas.
Tanaman ini akan mati saat musim dingin tiba. Selain memiliki bunga berwarna merah, tanaman ini juga memiliki bunga berwarna putih yang juga dikenal sebagai bintang Texas putih atau bintang kembang sepatu tunggal.

10. Hibiscus genevii

 Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Bunga sepatu Genevii, adalah salah satu jenis bunga sepatu yang keberadaannya saat ini terancam punah dan merupakan tanaman asli endemik pulau Mauritius.
Bunga ini dikenal secara lokal dengan naman mandrinette. Bunga ini pernah dianggap punah selama lebih dari satu abad, tetapi ditemukan kembali pada tahun 1968.
Tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 3-5 meter dengan bunga berwarna ungu muda, atau merah muda dengan warna merah sebagai warna pusatnya.
Selain itu, tanaman ini merupakan salah satu dari empat spesies Hibiscus yang berasal dari pulau-pulau di Mascarene (Mauritius, Reunion, Rodrigues), dan memiliki hubungan erat dengan jenis Hibiscus liliiflorus dari Rodrigues dan Hibiscus fragilis.

11. Rawa rosemallow (Hibiscus grandiflorus)

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Rawa rosemallow (Hibiscus grandiflorus) merupakan salah satu jenis bunga sepatu yang berasal dari Amerika Serikat bagian Tenggara.
Bunga ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter dengan bunga berwarna merah muda dan warna ungu dibagian tengahnya.

12. Hibiscus Hastatus

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus Hastatus (Purau teruere atau kembang sepatu Tahiti) merupakan salah satu jenis bunga kembang sepatu yang berasal dari Tahiti.
H. Hastatus memiliki bunga warna kuning pucat (kadang-kadang dengan margin kelopak merah pucat intermiten) dengan merah tua sebagai warna pusat bunganya.
Beberapa reteratur dan referensi menyatakan bahwa H. Hastatus sebagai subspesies dari Hibiscus tiliaceus.

13. Hibiscus heterophyllus

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Hibiscus heterophyllus atau yang juga dikenal sebagai bunga Rosella, adalah spesies bunga kembang sepatu yang merupakan tanaman endemik New South Wales dan Queensland di Australia .
Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 1-2 meter serta menghasilkan bunga yang berwarna putih, merah muda pucat atau kuning dengan warna ungu sebagai warna pusat bunganya.

14. Bunga sepatu Philip Island (Hibiscus insularis)

Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik 
Philip Island Hibiscus (Hibiscus insularis) adalah salah satu spesies bunga kembang sepatu yang merupakan tanaman endemik dari Phillip Island, sebuah pulau kecil yang berada di selatan Pulau Norfolk.
Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna kuning kehijauan dan berwarna ungu muda saat mendekati masa gugur atau rontok bunga.
Spesies ini terdaftar sebagai Critically Endangered dan dilindungi oleh undang-undang lingkungan federal Australia.


Selesai sudah artikel kami berjudul Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik

Kami berharap bahwa artikel Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik ini, mudah-mudahan bisa menjadi sumber berbagi ide dan kreatifitas seputar tanaman hias maupun desain taman yang cocok untuk hunian kita. Akhir kata terima kasih atas kunjungannya ke situs kami, Sampai ketemu diartikel selanjutnya, Semoga Bermanfaat

Anda saat ini sedang membuka artikel Desain Taman JENIS DAN MACAM-MACAM BUNGA KEMBANG SEPATU Tanaman Hias Cantik dengan alamat link http://designtamanku.blogspot.com/2018/02/desain-taman-jenis-dan-macam-macam.html
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar